MAKASSAR – Setiap pasangan itu hebat.  Ya, konflik dalam hubungan apa pun tidak bisa dihindari. Termasuk dalam cinta. Hanya saja, ada pertengkaran yang bisa diselesaikan secara dewasa, namun ada juga yang kekanak-kanakan. Nah, agar hubungan asmara Anda tidak dipenuhi drama, berikut lima tips pertengkaran dewasa dengan pasangan. Mari kita lihat!

Baca Juga : Telah Penuhi Syarat, 1.245 Narapidana Mendapat Remisi
1. Kendalikan emosimu

Ini adalah faktor penting yang bisa membedakan pertengkaran orang dewasa dan pertengkaran tidak sehat karena masih disikapi dengan kekanak-kanakan. Orang yang lebih tua, bahkan ketika mereka marah, menjaga emosi mereka seminimal mungkin agar tidak melewati batas.

Selain untuk mencegah diri Anda melangkah terlalu jauh, pengendalian emosi juga diperlukan agar Anda tetap bisa bersikap objektif terhadap pasangan, dan bisa berpikir jernih.  Dengan cara ini perselisihan dapat diselesaikan dengan cepat.

2. Dengarkan pasangan Anda

Saat Anda marah, Anda biasanya merasa benar, dan pasangan Anda salah.  Pemikiran seperti inilah yang sering menimbulkan konflik sehingga tidak ada jalan keluarnya. Semua orang berpikiran kuat.

Cobalah untuk mencoba mendengarkan penjelasan pasangan Anda meskipun Anda sedang marah. Dengan mendengarkan dengan seksama, Anda akan dapat memahami sudut pandang pasangan Anda sehingga Anda dapat menyikapi masalah tersebut dengan lebih bijak.

3. Pertahankan nada suara Anda

Ada kasus di mana masalah sepele menjadi besar karena cara komunikasi yang salah. Begitu emosional, Anda

berbicara dengan nada tinggi.

Alhasil, pasangan yang sabar dan pikirannya mulai tenang kembali mengobarkan amarahnya. Inilah yang membuat masalah belum selesai!

4. Tidak membahas masa lalu

Tips selanjutnya untuk bisa bertengkar secara dewasa dengan pasangan, yakni dengan tidak mengungkit masa lalu.  Jangan membaurkan masalah saat ini dengan masalah masa lalu lainnya.  Itu hanya akan memperumit masalah.