JAKARTA – Kopi disebut-sebut sebagai minuman yang juga dapat memanjangkan umur para penikmatnya. Namun tidak semua jenis kopi memiliki manfaat tersebut.

 

Baca Juga : Kolaborasi BPJS Kesehatan Lutra dan Pemkab Tingkatkan Mutu Pelayanan

 

setelah dilakukan penelitian, ada hasil yang mencatatkan jenis dan cara untuk meminum kopi agar dapat memperpanjang usia.

Menurut hasil studi yang terbit dalam jurnal berjudul Annals of Internal Medicine menerangkan bahwa cara minum kopi yang baik adalah dengan pemanis ataupun tidak.

Penelitian telah dilakukan terhadap 171.616 orang di Inggris selama setahun belakangan mengenai gaya hidup termasuk kebiasaan dalam menikmati kopi, dan untuk usia 37-73 tahun dilaporkan tidak memiliki penyakit kardiovaskular saat survei.

Para peneliti kemudian melakukan pemantauan lanjutan pada tujuh tahun kemudian untuk mengetahui kondisi peserta.

Hasil penelitian menemukan, orang yang minum kopi berpemanis dalam jumlah sedang atau sekitar 1,5 hingga 3,5 cangkir per hari, memiliki risiko kematian 30 persen lebih rendah dibandingkan kelompok yang tidak minum kopi.

Sementara mereka yang minum kopi tanpa pemanis memiliki risiko kematian 16-29 persen lebih rendah dari mereka yang tidak meminum kopi.

Temuan tersebut disesuaikan dengan sosiodemografi, gaya hidup, dan faktor klinis untuk melihat hasilnya. Misalnya, tim peneliti juga mengajukan pertanyaan tentang kebiasaan merokok, jumlah aktivitas fisik, hingga kebiasaan makan.

Sebagian besar peserta terbiasa minum kopi manis dengan menambahkan sekitar 1 sdt gula.

Seorang peneliti dari Harvard Medical School, Christina Wee, menegaskan bahwa, jika menambahkan sekitar satu sendok the gula ke dalam kopi maka manfaat dari kopi sepenuhnya tidak akan hilanng.

“Jika Anda menambahkan sekitar 1 sdt gula ke kopi, manfaat kopi tak akan sepenuhnya hilang,” ujarnya dilansir dari CNN Indonesia.