RAKYAT.NEWS, LIFESTYLE – Seni rupa terapan di Indonesia semakin berkembang pesat dengan hadirnya karya-karya yang kian menarik perhatian publik. Tak hanya di dalam negeri, namun seni rupa terapan Indonesia juga semakin mendunia. Salah satu keunikan seni rupa terapan adalah dalam hal nilai estetis. Dalam budaya Indonesia, nilai estetis menjadi hal yang sangat penting dan menjadi salah satu bagian penting dalam seni rupa terapan.

Baca Juga : Intip Persiapan Garuda Muda Hadapi Irak di Piala Asia U-20, Hari Ini

Dalam seni rupa terapan, nilai estetis bisa diinterpretasikan sebagai komponen yang memiliki peran sangat penting dalam menciptakan karya yang menjual. Bagi seniman rupa terapan, nilai estetis tak sekadar menghasilkan karya yang indah dilihat, tetapi juga membantu mempertajam mata pencaharian. Hal tersebut dikarenakan seni rupa terapan memiliki desain dan nilai estetis yang bervariatif sehingga dapat memenuhi selera konsumen dengan berbagai keinginan.

Dalam seni rupa terapan, nilai estetis dapat dikombinasikan dengan unsur fungsional pada karya, seperti empati, keindahan, keunikan, dan ketertiban. Unsur-unsur ini kemudian saling berintegrasi untuk membangun sebuah karya seni yang simpatik, menarik dan memberikan manfaat praktis bagi kehidupan manusia.

Seni rupa terapan dengan nilai estetis yang kuat cenderung memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi sebuah negara. Hal itu dikarenakan, berdasarkan data statistik, banyaknya pelaku industri seni rupa terapan berkontribusi dalam peningkatan perekonomian di Indonesia. Seni rupa terapan dengan nilai estetis yang tinggi dapat menjadi identitas bangsa di mata dunia dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang positif melalui sektor bisnis kreatif.

Dengan harapan untuk mempertajam matapencaharian dan meningkatkan taraf hidup seniman dan masyarakat yang terlibat dalam seni rupa terapan, pemerintah perlu memberi dukungan dalam meningkatkan minat seni rupa terapan. Salah satu cara untuk mendukung seni rupa terapan adalah dengan memberikan peluang dan promosi bagi calon seniman serta memberikan pendidikan dan pelatihan di bidang ini.