RAKYAT.NEWS, LIFESTYLE – Diabetes Mellitus atau yang lebih dikenal sebagai diabetes adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia, jenis kelamin, dan kebiasaan hidup. Kondisi ini terjadi ketika kadar gula darah dalam tubuh seseorang terlalu tinggi dan tidak dapat dikontrol dengan baik oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas.

Ada dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Sementara itu, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif dan memerlukan lebih banyak insulin untuk mengatasi gula darah yang tinggi.

Diabetes mellitus bisa menjadi penyakit yang sangat berbahaya jika tidak diobati dengan benar dan diatur dengan baik. Beberapa komplikasi yang dapat disebabkan oleh diabetes adalah kerusakan organ tubuh, infeksi, dan bahkan membahayakan nyawa.

Gejala diabetes mellitus termasuk sering merasa haus, sering buang air kecil, kelelahan, sulit sembuhnya luka, gatal-gatal di kulit dan infeksi jamur pada kulit. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah periksakan diri ke dokter.