RAKYAT.NEWS, LIFESTYLE – Sakit gigi adalah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh semua orang. Rasa sakit yang ditimbulkan dapat membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Berbagai macam cara sudah dilakukan untuk mengatasi sakit gigi, seperti minum obat analgesik atau melakukan tindakan medis, namun beberapa orang mungkin tidak tahu bahwa air garam juga merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

Air garam telah digunakan sebagai obat sakit gigi sejak zaman dahulu kala. Kandungan mineral pada garam membantu meningkatkan aliran darah di sekitar area gigi yang sakit, sehingga memperbaiki proses penyembuhan. Selain itu, garam juga memiliki sifat antibakteri yang efektif dalam melawan infeksi di dalam rongga mulut.

Cara penggunaan air garam sebagai obat sakit gigi cukup mudah. Pertama-tama, siapkan satu sendok teh garam dan campur dengan satu gelas air hangat. Aduk hingga larut, kemudian kumur-kumur dengan air garam tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, spitting (memuntahkan) cairannya. Ukuran air garam yang digunakan tergantung dari tingkat keparahan sakit gigi yang dirasakan.

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan air garam daripada obat sakit gigi yang biasa. Pertama, air garam tidak memiliki efek samping yang berbahaya seperti obat-obatan analgesik jika digunakan terlalu sering. Kedua, air garam sangat mudah ditemukan dan dapat dibuat sendiri di rumah dengan biaya yang murah. Terakhir, efeknya cepat terasa dan bisa menenangkan sakit gigi dalam waktu yang singkat.

Namun, perlu diingat bahwa air garam hanya bersifat sebagai obat sementara dan tidak mampu menyembuhkan masalah gigi dan gusi yang mendasar. Konsumsi gula dan kurangnya perawatan kesehatan gigi dan gusi yang baik dapat memperburuk kondisi gigi dan menyebabkan infeksi, oleh karena itu penggunaan air garam untuk mengobati sakit gigi harus didampingi dengan tindakan kesehatan gigi dan gusi yang baik.