RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mendapatkan penghargaan dari hasil pemantauan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik (PEKPPP) 3 terbaik kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tahun 2023.

Stasiun Gambir terpilih sebagai stasiun terbaik, dan menerima penghargaan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas di Hotel Bidakara Jakarta, Jalan Gatot Subroto Kav. 71-73, Jakarta Selatan, Selasa, 21 November 2023.

Ixfan Hendriwintoko Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta menuturkan bahwa penghargaan ini diberikan kepada Top Inovasi Pelayanan Publik yang terdiri dari Top 45 Inovasi Kelompok Umum dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation yang terjaring di Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023.

Penerimaan penghargaan yang diberikan oleh Kemenpan RB kepada PT KAI (Persero) diwakili oleh PYMT Direktur Utama, Salusra Wijaya selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Masyarakat, pelanggan KAI dan Kementrian PANRB atas kepercayaannya dan memilih Stasiun Gambir sebagai stasiun yang telah memberikan pelayanan terbaik, penghargaan ini tentunya akan menjadi penyemangat KAI untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada Masyarakat dan pelanggan KAI,” Kata Ixfan.

Peningkatan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari alur masuk/keluar stasiun, kebersihan, kenyamanan, pelayanan, dan keselamatan penumpang.

Di hari-hari biasa, KAI Daop 1 Jakarta melayani penumpang naik dari Stasiun Gambir rata-rata 8.000 penumpang dengan berbagai stasiun tujuan perhari. Sedangkan pada waktu weekend dapat mencapai lebih dari 10.000 penumpang yang naik dari stasiun Gambir perhari.

“Penghargaan ini tidak hanya menjadi prestasi bagi Stasiun Gambir, tetapi juga menciptakan harapan baru bagi pelayanan publik di sektor transportasi Indonesia. Keberhasilan KAI Daop 1 Jakarta dalam mengelola Stasiun Gambir semoga menjadi inspirasi bagi stasiun lain untuk terus berupaya meningkatkan kualitas layanan demi memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna jasa transportasi Kereta Api,” Pungkas Ixfan.