RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Memasuki periode libur panjang akhir pekan 8 mei hingga 12 mei 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyebut ada lonjakan volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen Sekitar 125 ribu lebih tiket yang sudah dipesan

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, volume pengguna jasa kereta api paling tinggi terjadi pada hari ini, Kamis 9 Mei 2024, total terdapat sekitar 35.664 pengguna berangkat dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan beberapa stasiun lain di wilayah Daop 1 Jakarta.

“Dari jumlah tersebut 17.419 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 12.748 penumpang dari Stasiun Gambir dan sisanya 5 ribu lebih penumpang lainnya dari Stasiun Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, Cikampek dan Jakarta Kota,” ujar Ixfan, Jumat (10/4/2024).

Ixfan menuturkan, jumlah penumpang berangkat pada moment libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dari 2x lipat lebih jika dibandingkan dengan rata-rata penumpang di hari biasa.

“Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kereta api pada moment libur panjang ini, Mulai tanggal 8 Mei 2024 KAI Daop 1 Jakarta menjalankan beberapa KA tambahan, yaitu Argo Cheribon relasi Gambir – Cirebon pp, Argo Parahyangan Gambir – Bandung PP, Taksaka Tambahan relasi Stasiun Gambir – Yogyakarta pp dan Manahan Gambir – Yogyakarta pp,” ujar Ixfan.

Menurut Ixfan, penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal bulan Mei 2024.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend pekan ini,” kata Ixfan.

Lebih lanjut, dikatakan Ixfan, berdasarkan pantauan pada Jumat (10/5), total tiket kereta api yang terjual pada Rabu (8/5) s.d Minggu (12/5) yaitu sebanyak 125.393 tiket, naik dari Stasiun Pasar Senen 61.753 penumpang dengan pelayanan KA 31 perjalanan KAJJ per hari dan 41.000 penumpang naik dari Stasiun Gambir dengan pelayanan KA 33 perjalanan KAJJ per hari.

“Angka penjualan tiket masih akan terus bergerak seiring dengan mendekati masa long weekend,” ucapnya.

Sedangkan untuk keberangkatan hari ini Jumat (10/5) data sementara penumpang berangkat dari wilayah Daop 1 Jakarta sebanyak 23.000 penumpang, naik dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 11.300 penumpang dengan 31 perjalanan KAJJ, 7.000 penumpang naik dari Stasiun Gambir dengan 33 perjalanan KAJJ, sisanya 4.000 penumpang lebih berangkat dari Stasiun Bekasi, Jatinegara, Jakarta Kota, Cikampek, Karawang dan Cikarang. Jumlah tersebut masih dapat terus meningkat, karena penjualan baik goshow maupun online masih terus berlangsung.

“KAI Daop 1 Jakarta berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Kenaikan Yesus Kristus dan belum memiliki tiket dapat segera membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI,” Kata Ixfan.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta – Surabaya, Jakarta – Solo, Jakarta – Malang dan relasi lainnya.