RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Rombongan siswa-siswi hingga wali murid dari Yayasan BPK Penabur melakukan kegiatan Edutrain atau Edukasi Transportasi Kereta Api yang bertemakan ” Spirit Of Joy” dengan menggunakan Kereta Api Luar Biasa (KLB) yang dilaksanakan di Stasiun Gambir.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menerangkan bahwa tidak seperti biasanya Stasiun Besar Gambir Sabtu pagi ini (25/5) dipadati penuh ceria, senda gurau dan nampak menyenangkan terlihat dari wajah siswa – siswi, orang tua wali murid dan guru pembimbing dari Yayasan BPK Penabur.

“sekitar ada 560 peserta hari ini yang melakukan kegiatan Edutrain pada perjalanan menggunakan KLB relasi Gambir – Bogor PP,” kata Ixfan, Sabtu (25/5/2024).

Ixfan mengatakan, Yayasan BPK Penabur melakukan 4 perjalanan KLB, perjalanan batch keempat diberangkatkan dari Gambir pada hari Sabtu (25/5) pukul 10.00 WIB dan kembali dari stasiun Bogor pukul 11.16 WIB

“KLB yg dijalankan atas permintaan Yayasan BPK Penabur yaitu pada tanggal 27 April 2024, kemudian tanggal 04, 18, dan 25 mei 2024, dimana tiap keberangkatan diisi 640 peserta atau jika dihitung total selama 4 batch tersebut ada sebanyak 2.480 peserta,” ujar Ixfan.

Dalam kesempatan akhir kegiatan Edutrain ini, dilakukan ceremony penutupan acara yg dihadiri oleh Eksekutif Vice President (EVP) KAI Daop 1 Jakarta Iwan Eka Putra beserta jajaran, dan Pimpinan Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi Beserta Guru pembina.

Hadir dalam acara Edutrain BPK Penabur di Gambir, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga menyampaikan bahwa untuk pembelajaran seperti edutrain sangat bagus untuk tumbuh kembang anak.

“Saya apreasiasi betul kepada Yayasan BPK Penabur dengan mengadakan kegiatan Edutrain ini, anak-anak dapat memahami pembelajaran tentang transportasi kereta, karena belajar tidak harus disekolah namun juga bisa dengan kegiatan seperti ini,” ujar Bintang.

Sementara itu, EVP Daop 1 Jakarta menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan Yayasan BPK Penabur dalam memilih moda Trasnportasi Kereta Api sebagai kegiatan Edutrain, untuk ini kami juga sampaikan mohon maaf jika pelayanan yang kami berikan kurang bisa memenuhi harapan dari para peserta.

“Ini adalah tahun ke-5 Yayasan BPK Penabur menggunakan layanan jasa angkutan kereta api untuk memberikan edukasi kepada anak-anak, Namun dengan demikian masukan dan saran silahkan disampaikan kepada kami agar kedepan pelayanan utk kegiatan bisa terus kami tingkatkan,” ucap Iwan.

Selain itu, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Komalasari yang juga hadir tak lupa memberikan semangat kepada anak-anak PAUD BPK Penabur yang hendak berangkat ke Bogor dari Stasiun Gambir menggunakan KLB.

“Senang sekali pada pagi hari ini bisa hadir di sini untuk menyemangati anak-anak indonesia supaya menjadi anak yang cerdas dan berkarakter, semoga anak-anak dapat menikmati perjalanan naik kereta api dan dapat melakukan kegiatan berinteraksi dengan teman-teman, jangan lupa untuk tertib semuanya bersama dengan orang tua,” kata Komalasari

Ditempat yg sama Pimpinan Yayasan BPK Penabur memberikan sambutan dan ungkapan terima kasih atas pelayanan KLB dari Daop 1 jakarta yg kami rasa sangat membantu kegiatan Yayasannya.

“Kita bisa melihat keceriaan siswa – siswi dan para orangtua wali murid serta guru pembimbing selama di stasiun dan mereka semua bergembira sehingga dapat memahami transportasi Kereta Api berjalan dengan tertib, lancar, aman, dan selamat, baik keberangkatan sampai dengan kembalinya,” Kata Adri.

Perlu diketahui, untuk satu rangkaian KLB Yayasan BPK Penabur terdiri dari 1 Lokomotif, 8 Kelas Ekonomi Premium, 1 Kereta Makan dan 1 Kereta Pembangkit.

Ixfan menambahkan, KLB untuk melayani rombongan BPK Penabur tersebut bisa juga diorder oleh Yayasan lainnya yang menginginkan kegiatan menggunakan Transportasi Kereta Api, namun ada beberapa ketentuan yg harus di penuhi, untuk lebih lanjut terkait permohonan rombongan perjalanan KLB bisa hubungi cc 121 atau langsung datang ke kantor kami KAI Daop 1 Jakarta Pusat,” Pungkas Ixfan.