RAKYAT NEWS, LIFESTYLE – Mengonsumsi kopi dengan tambahan kayu manis di pagi hari dianggap memiliki manfaat untuk memberikan energi dan menjaga kesehatan otak, serta meningkatkan fungsi kognitif dari waktu ke waktu.
Dilansir dari laman Well and Good, Shaheen Lakhan, MD, seorang ahli saraf bersertifikat yang bermukim di Miami, FL, menyatakan bahwa kopi memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan otak. Kandungan kafein sebagai senyawa aktif utama dalam kopi berperan sebagai stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan fokus, dan memperbaiki kemampuan daya ingat jangka pendek.
Disamping itu, karena kopi kaya akan antioksidan, hal ini juga dapat membantu melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif, sehingga mengurangi risiko beberapa penyakit otak degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson menurut Dr. Lakhan.
Tidak kalah pentingnya, menambahkan kayu manis pada kopi dapat meningkatkan manfaatnya lebih lanjut untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif.
Dr. Lakhan menjelaskan, “Kayu manis mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah, suatu hal yang penting untuk menjaga keseimbangan fungsi kognitif sepanjang hari. Selain itu, kayu manis juga mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang dapat berperan dalam menjaga kesehatan otak dalam jangka panjang.
Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Nutritional Neuroscience tahun 2024 yang mengulas 40 penelitian, kayu manis dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan fungsi kognitif seperti kemampuan belajar, memori, serta membantu mencegah dan mengurangi gangguan kognitif.
Dr. Lakhan menambahkan bahwa penelitian sebelumnya pada tikus menunjukkan bahwa kayu manis berpotensi membantu mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit neurodegeneratif seperti Parkinson, namun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk memastikan klaim tersebut.
Apabila Anda menambahkan kayu manis pada kopi, disarankan untuk menghindari menggunakan pemanis buatan guna memaksimalkan manfaat perlindungannya.
Dr. Lakhan memberi peringatan, “Beberapa pemanis buatan seperti aspartam, sukralosa, dan sakarin telah terkait dengan efek negatif pada flora usus, yang secara tidak langsung dapat berdampak pada kesehatan otak melalui aksis otak-usus.”
Lebih lanjut, disarankan untuk menghindari penggunaan krimer beraroma, karena banyak krimer mengandung gula tambahan dan lemak tidak sehat dalam jumlah besar yang dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko penurunan kognitif seiring berjalannya waktu.
Apabila kopi denga kayu manis saja tidak sesuai dengan selera Anda, Dr. Lakhan merekomendasikan untuk memilih alternatif yang lebih sehat untuk membuat kopi lebih lezat.
“Bagi yang menyukai kopi dengan susu, disarankan untuk memilih susu nabati tanpa pemanis atau menggunakan susu biasa dengan kadar gula yang rendah sebagai opsi yang lebih sehat daripada menggunakan pilihan yang terlalu manis atau beraroma buatan,” tutupnya.