RAKYAT NEWS, LIFESTYLE – Mengadopsi pola makan sehat tidak harus sulit atau mahal. Dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia yang kaya akan ragam kuliner, kita masih bisa menikmati makanan yang lezat sembari memperhatikan kesehatan. Berikut adalah 10 tips diet sehat yang mudah diterapkan dalam aktivitas sehari-hari.

 

1. Pilih Makanan Segar dan Lokal

 

Indonesia memiliki banyak sekali bahan makanan segar dan lokal. Pilih sayuran, buah-buahan, dan bahan pangan lain yang masih segar dari pasar tradisional. Makanan lokal bukan hanya lebih kaya gizi, tetapi juga bisa mendukung perekonomian setempat.

 

2. Kurangi Konsumsi Makanan Olahan

 

Makanan olahan sering kali mengandung banyak gula, garam, dan bahan pengawet. Cobalah untuk mengurangi asupan makanan kemasan dan lebih suka memasak sendiri dengan bahan-bahan alami. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol kualitas dan porsi makanan yang Anda konsumsi.

 

3. Perbanyak Sayuran dan Buah-buahan

 

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber serat, vitamin, dan mineral yang penting. Cobalah untuk mengonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan dalam setiap makanan. Anda bisa membuat rujak, salad, atau bahkan jus segar dari buah-buahan lokal.

 

4. Kendalikan Porsi Makan

 

Satu dari kunci sukses diet sehat adalah mengontrol porsi makan. Hindari menyajikan makanan dengan porsi yang berlebihan. Sebaiknya, gunakan piring kecil dan ambil sedikit demi sedikit. Anda bisa menambah porsi jika masih merasa lapar setelah menikmati makanan.

 

5. Jaga Hidrasi yang Cukup

 

Air sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi cukup air sepanjang hari. Menggantikan minuman manis dengan air mineral atau infused water (air yang dicampur dengan irisan buah) merupakan pilihan yang lebih baik.