Ramadhan, Rakyat News – Bagaimanakah cara beribadah pada setiap malam Ramadhan ? Cara beribadah pada setiap malam Ramadhan yaitu:
  1. Hendaklah memperbanyak membaca Al-Quran.
  2. Hendaklah bershalat Tarawih selama bulan Ramadhan.
  3. Hendaklah memperbanyak dzikir dan berdoa kepada Allah, karena bulan Ramadhan itu adalah satu bulan yang mulia dan bahagia. Bulan yang tidak bisa dilupakan kemuliannya oleh segenap kaum muslimin. Apalagi pada malam 21 hingga 29, atau 30 Ramadhan, distulah ada satu malam yang amat mulia, yaitu malam “Lailatul Qadar”. Beribadah pada malam itu lebih baik dari pada beribadah seribu bulan, atau = 83 tahun,  bulan.

Shalat Tarawih

Bagaimanakah cara mengerjakan shalat Tarawih ? Cara mengerjakan shalat Tarawih yaitu setiap dua rakaat salam, dan mengerjakannya boleh sendirian, tetapi yang lebih utama adalah dengan berjamaah di musalla atau di masjid. Adapun jumlah rakaat shalat Tarawih adalah delapan rakaat menurut yang telah dilakukan oleh junjungan kita Nabi Muhammad SAW atau 20 (dua puluh) rakaat menurut yang telah dilakukan oleh Khalifah Umar bin Khattab ra dan disetujui oleh ijma sahabat-sahabat yang lain.

Setelah shalat Tarawih, hendaklah shalat Witir. Shalat Witir itu sekurang-kurangnya satu rakaat dan sebanyak-banyaknya sebelas rakaat, akan tetapi kebanyakan yang dikerjakan orang hanya tiga rakaat dengan dua salam. Waktu shalat Tarawih dan shalat Witir itu ialah setelah shalat Isya’ hingga terbit fajar.

Lafazh Niat Shalat Tarawih dan Witir

Bagaimanakah lafazh niat shalat Tarawih ? Lafazh niat shalat Tarawih yaitu:

Ushallii sunnatat-taraawiihi rak’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa, Allaahu Akbar.
Artinya: Saya shalat sunnat Tarawih dua rakaat mengikuti imam karena Allah Ta’ala, Allah Maha Besar.

Bagaimanakah lafazh niat shalat Witir yang dua rakaat? Lafazh niat shalat Witir yang dua rakaat yaitu:

Tim Redaksi

Rakyat News
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS