RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ramadhan adalah momen yang penuh berkah, dimana kebersamaan dan berbagi menjadi kunci penting dalam menjalani ibadah puasa. Tak hanya itu, dalam momen ramadhan hingga lebaran juga menjadi amal baik untuk bersilaturami dengan keluarga.

Oleh karena itu, Terdapat sejumlah tujuan favorit untuk KA yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta untuk momen Ramadhan hingga liburan Idul Fitri 2024.

“Sejumlah tujuan favorit yaitu Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Tegal, Kebumen dan Kroya,” kata Manager Humas Ixfan Hendriwintoko, Senin (26/2/2024).

KA-KA favorit untuk periode Angkutan Lebaran;

1. KA Argo Bromo Anggrek Relasi Gambir – Surabaya Pasarturi PP
2. KA Bima Relasi Gambir – Surabaya Gubeng PP
3. KA Gajayana Relasi Gambir – Malang PP
4. KA Argo Lawu Relasi Gambir – Solo Balapan PP
5. KA Taksaka Relasi Gambir – Yogyakarta PP
6. KA Gaya Baru Malam Selatan Relasi Pasarsenen – Surabaya Gubeng PP
7. KA Matarmaja Relasi Pasarsenen – Malang PP
8. KA Kertajaya Relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi PP
9. KA Senja utama Relasi Pasarsenen – Yogyakarta PP
10. KA Darmawangsa Relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi PP

“Mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan H-6 s.d H-1 atau tanggal 4 s.d 10 April sehingga okupansi di beberapa KA pada tanggal tersebut sudah mencapai lebih dari 90 persen per KA untuk keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen,” kata Ixfan.

Ixfan mengungkapkan terkait program pemberangkatan KA tambahan, Daop 1 Jakarta akan melakukan sosialisasi kembali, terkait jumlah KA tambahan yang akan dijalankan pada masa Angkutan Lebaran. Masyarakat juga dapat melakukan pengecekan berkala melalui Aplikasi Access by KAI mengingat saat ini sistem penjualan tiket online dan dapat langsung terlihat jika ada KA tambahan yang sudah dapat dipesan tiketnya.

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih.

Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi Access by KAI, yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI.