RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengungkapkan bahwa sejak hari Jumat (12/4) angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini Senin 15 April 2024 terdapat sekitar 47.613 pengguna yang tiba.

“Dari jumlah tersebut 18.500 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 15.000 penumpang turun di Stasiun Gambir, 5.600 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.650 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek. Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2x lipat dari masa normal,” kata Ixfan, Senin (15/4/2024).

Lebih lanjut, Ixfan mengatakan, KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

“Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun,” katanya.

Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran.

“Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat,” imbuh Ixfan.

Daop 1 Jakarta juga dihimbau agar penumpang memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.

Update Penumpang Berangkat Pasca Hari Lebaran

Ixfan mengungkapkan, volume pengguna jasa yang berangkat di moment lebaran dari area Daop 1 Jakarta khususnya stasiun Pasar Senen masih mengalami peningkatan jika dibandingkan pada hari kerja masa normal.

“Hari ini(15/4) sekitar 34.000 Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, okupansi penumpang total mencapai 65 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Hari ini terdapat sekitar 21.500 penumpang berangkat dari Stasiun PasarSenen dengan layanan 38 KA yang beroperasi, Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 12.500 dengan layanan 41 KA beroperasi,” ungkap Ixfan

Secara total untuk jadwal keberangkatan 31 Maret s.d 15 April (H-10 s.d H+5) tercatat sekitar 653.100 pengguna jasa berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada moment lebaran.

Pemesanan tiket angkutan lebaran sudah dapat dilakukan sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.

“Sementara loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” kata Ixfan

Selain melakukan persiapan melalui keandalan sarana dan peningkatan jumlah perjalanan melalui KA Tambahan, Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di Stasiun seperti kursi tunggu dan area bermain anak.

“Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan, pengamanan untuk memastikan angkutan lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar,” pungkas Ixfan.