RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menjelang arus balik lebaran 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat kedatangan penumpang ke wilayah daop 1 Jakarta sebanyak 362.916 selama periode arus balik 13-21 April 2024.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, angka kedatangan akan terus bertambah seiring pemesanan tiket arus balik yang masih bisa tersedia.

“Puncak arus balik diprediksi mulai dari hari ini (13/4) hingga 3 hari kedepan, untuk hari ini kedatangan ke Daop 1 Jakarta baik itu Stasiun Gambir, Pasarsenen dan beberapa Stasiun lainnya mencapai 46.475 penumpang dan masih bisa bertambah jumlahnya,” kata Ixfan, Sabtu (13/4/2024).

Sementara itu, dikatakan Ixfan, untuk keberangkatan arus mudik pasca lebaran mencatat sebanyak 213 ribu lebih penumpang.

“Pada keberangkatan pasca lebaran H+3, sebanyak 213.691 penumpang yang akan berangkat mudik dan liburan pasca lebaran 2024,” imbuh Ixfan.

Berdasarkan data (13/4), Keberangkatan penumpang sebanyak 34.727 dengan rincian dari Stasiun Gambir sebanyak 11.221 penumpang dan Stasiun Pasarsenen sebanyak 23.506 penumpang.

“Jumlah keberangkatan (13/4) tersebut diakomodir dengan 79 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 41 KA dan Pasar Senen sebanyak 38 KA,” kata Ixfan.

Selain itu, pada pasca lebaran periode 13-21 April 2024 tempat duduk yang masih tersedia sebanyak 179.171 seat dan masih bisa berubah.

Adapun kota favorit yang menjadi tujuan mudik pasca lebaran atau libur panjang pasca lebaran antara lain Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Kutoarjo, Semarang dan Purwokerto.

KAI Daop 1 Jakarta menghimbau kepada penumpang kereta api sebelum meninggalkan ruang tunggu stasiun selalu tetap mengawasi anak-anak agar tidak terlepas dari pantauan serta cek kembali tiket dan barang bawaan jangan sampai tertinggal.

“Bagi penumpang yang baru tiba distasiun dan akan turun dari turun dari kereta, periksa kembali barang bawaan dan tidak tergesa-gesa untuk turun sebelum kereta api berhenti secara sempurna,” ucap Ixfan.

Jika membutuhkan informasi baik di stasiun maupun diatas KA, dapat menghubungi petugas yang ada dan segera melaporkan kepada petugas apabila terdapat gangguan atau kendala pelayanan diatas KA maupun di stasiun.

Apabila penumpang membutuhkan petugas untuk mengangkut barang bawaan saat ingin berangkat ataupun tiba di stasiun, ada petugas Porter yang siap sedia untuk membawa barang bawaan dengan upah sesuai yang ditentukan.

“Kami juga menghimbau kepada penumpang untuk selalu ikuti aturan selama di area stasiun maupun dalam perjalanan demi keselamatan, ketertiban dan kenyamanan bersama,” pungkas Ixfan.