Pada masa Angkutan Lebaran mayoritas pemesanan tiket KA Jarak Jauh dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit, yakni pada 4 sampai dengan 10 April 2024.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang mudik Lebaran sudah mencapai hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 4 sampai dengan 10 April. Tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai lebih dari 100 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit, di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Secara keseluruhan situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat dan tepat waktu.

Sebelumnya pada masa angkutan lebaran 2024 mulai 31 Maret (H-10) hingga 21 April (H+10) secara total PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 1.693 perjalanan KA Jarak Jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan PasarSenen.

“Dari jumlah tersebut sudah termasuk perjalanan KA Tambahan sebanyak 395 KA untuk sejumlah perjalanan relasi favorit seperti tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang,” jelas Ixfan.

Selain melakukan persiapan melalui penambahan perjalanan KA serta memastikan keandalan sarana yang beroperasi, KAI Daop 1 Jakarta juga menambah sejumlah fasilitas di Stasiun seperti kursi tunggu, meja pemeriksaan tiket, penyediaan air minum isi ulang hingga area bermain anak.

Sejumlah fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbaharui seperti yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan petugas pelayanan seperti Customer Service Mobile (CSM) yang disiapkan untuk membantu calon penumpang yang membutuhkan informasi serta mengatur alur penumpang agar tidak terjadi kepadatan di satu titik tertentu.