Tips : Tentukan bujet untuk membeli pakaian baru untuk Anda maupun keluarga Anda. Ingat maksimalkan semua tawaran promo dan diskon yang Anda saat berbelanja pakaian. Usahakan untuk tidak gelap mata dan tergiur oleh diskon yang hanya akan membuat Anda belanja berlebihan. Tidak perlu membeli sepatu/sandal baru, jaket baru jika Anda tidak memerlukannya.

4. Biaya Makanan Lebaran

Untuk pos ini Anda juga harus mempersiapkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari biaya untuk membuat kue lebaran, bahan-bahan makanan untuk lebaran, hingga minuman-minuman ringan untuk mengantisipasi jika ada sanak saudara yang berkunjung saat atau setelah lebaran.

Tips : Untuk pengeluaran biaya makanan lebaran ini, Anda bisa menyiasatinya dengan memasak sendiri dan membuat kue lebaran sendiri. Tentukan bujet untuk hidangan lebaran yang diperlukan, buatlah daftar belanjaan Anda dan saat belanja bahan makanan, Anda bisa lebih hemat saat belanja dengan memanfaatkan diskon/promo maupun pembayaran dengan kartu kredit.

5. Biaya Pengganti Pembantu Rumah Tangga

Ketika Lebaran tiba, hampir semua pembantu rumah tangga juga akan pulang kampung untuk merayakannya. Mungkin dengan kepulangan mereka Anda akan merasa kerepotan mengurus keperluan rumah tangga, sehingga dibutuhkan untuk menyewa pembantu rumah tangga pengganti.

Tips : Agar pengeluaran Anda tidak meningkat tajam, untuk biaya pembantu rumah tangga Anda bisa jauh-jauh hari mencarinya tentunya untuk biaya yang satu ini, Anda harus menyadari jika biaya pembantu pasti lebih mahal dari biasanya. Oleh sebab itu, tentunya bujet Anda dan usahakan untuk mencari yang sesuai. Akan lebih hemat lagi jika Anda dan keluarga saling gotong royong mengurus keperluan rumah tangga.

6. Dana Darurat