Ketika mudik hal lain yang tidak kalah penting yang harus Anda siapkan adalah kebutuhan dana apabila terjadi kondisi darurat di jalan. Siapkanlah dana darurat dalam bentuk uang tunai, atau jika ingin ditaruh di Bank pastikan menggunakan Bank yang ada di pedesaan atau di daerah tingkat II. Mengingat tidak semua Bank di kota besar, memiliki ATM di daerah pedesaan atau daerah-daerah pedalaman tertentu.

Tips : Berjaga-jaga dengan menyiapkan dana dalam bentuk tunai untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama mudik seperti kendaraan mogok bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, kecelakaan atau salah satu anggota keluarga sakit.

7. Biaya yang Akan Dihabiskan Selama Tinggal di Kampung Halaman.

Makan besar bersama keluarga
Tujuan Anda mudik saat atau sebelum lebaran tentu saja karena menginginkan momen lebaran dihabiskan bersama keluarga besar bukan? Saat di kampung halaman tentu saja Anda akan tinggal dirumah orang tua atau saudara. Namun walaupun tinggal dirumah keluarga sendiri, pasti terkadang Anda merasa tidak enak dan takut membebani.

Tips: Bagi Anda yang sudah berpenghasilan, siapkan biaya tambahan sebelum mudik, seperti biaya jajan untuk diri sendiri atau ikut membantu biaya membeli bahan makanan dan jika memiliki rejeki lebih tidak ada salahnya ikut memberi THR kepada sanak saudara lain yang masih kecil atau mentraktir makan keluarga besar. Sebagai tambahan siapkan juga biaya membeli oleh-oleh khas yang akan dibawa kembali dari kampung halaman.
8. Pasca Mudik

Kehabisan Uang Pasca Mudik
Biaya lain yang harus Anda siapkan adalah  biaya pasca mudik. Acara mudik rata-rata berlangsung paling lama sepekan, selebihnya hidup akan berjalan normal seperti biasa. Seringkali selama sepekan tersebut tanpa sadar Anda menghabiskan gaji dan tabungan Anda tanpa memperhitungkan berapa yang Anda habiskan dan berapa yang tersisa. Hal ini menjadi vital karena ada hidup yang terus berjalan selepas pasca mudik lebaran, sedangkan Anda harus tetap bertahan hingga gajian berikutnya.