CILACAP, RAKYAT NEWS – Indonesia tidak hanya terkenal akan ragam budaya, tapi juga dikenal dengan beragam Kuliner Khas dan setiap daerah memilikinya.

Kuliner Khas Nusantara memang beragam, namun sebagai warga Ngapak, kita juga perlu mengetahui kuliner asli atau khas di Barlingmascakeb.

Mengenal Apa itu sebutan Barlingmascakeb?

Melansir, Cilacap.info, Barlingmascakeb adalah sebutan wilayah yang ada di Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen.

Kelima daerah di wilayah Banyumasan tersebut juga memiliki Kuliner Khas yang patut untuk diketahui dan bisa dicoba untuk membuatnya sebagai hidangan Buka Puasa.

1. Kuliner Khas Banjarnegara

Kabupaten dengan Julukan Kota Dawet Ayu ini memiliki Kuliner Khas, yakni sebagai Berikut:

Makanan: Bakso Ketupat, Mie Ongklok, Combro Kalipalet, Tempe Mendoan, Jenang Salak, Buntil, Soto Krandegan.

Minuman: Es Dawet Ayu, Sirup Salak.

2. Kuliner Khas Purbalingga

Kuliner Khas Kota yang terkenal akan penghasil Knalpot dan Wig ini juga mempunyai Kuliner Khas, yakni:

Makanan: Sate Blater, Sroto, Gulai Melung, Buntil, Tempe Mendoan, Soto Kriyik, Soto Bancar, Nopia, Gecot, Condol atau Ondol-Ondol, Cimplung Budin (Ketela).

Minuman: Es Kuwut, Es Durian Tugu Bancar

3. Kuliner Khas Banyumas

Kuliner Khas Kota Satria ini terbilang cukup banyak, yakni:

Makanan: Tempe Mendoan, Nopia, Soto Sokoraja, Tomplo atau Templek, Gethuk Sokaraja, Combro, Cenil, Intil, Jalabiya, Jenang Jaket, Kraca dan masih banyak lagi.

Minuman: Es Dawet Ireng, Es Durian, Es Doger

4. Kuliner Khas Cilacap

Tidak hanya diliputi bukit, namun juga terdapat Laut, oleh sebab itu Cilacap juga memiliki Kuliner Khas yang cukup banyak dari mulai Olahan hasil Pertanian maupun Perikanan seperti Seafood.

Makanan: Tempe Mendoan, Jenang, Brekecek Pathak Jahan, Sate Martawi, Thempleng, Gembus, Pecel, Abon Tuna, Walangan, Tempr Dages, Tahu Brontak, Lopis, dan masih banyak lagi.