RAKYAT.NEWS, LIFESTYLE – Kulit kita kadangkala tak terhindarkan dari terkena sinar matahari, terutama saat sedang beraktifitas di luar ruangan. Bahkan meski kamu telah menggunakan tabir surya sebelumnya, terkadang kulit masih bisa terbakar. Sunburn atau kulit terbakar sinar matahari bisa sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, berikut ini adalah 5 tips ampuh mengatasi kulit terbakar sinar matahari:

1. Gunakan krim atau lotion yang mengandung aloe vera

Aloe vera merupakan bahan alami yang sangat efektif dalam meredakan iritasi dan peradangan pada kulit. Krim atau lotion yang mengandung aloe vera dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menghidrasi kulit yang terbakar.

2. Hindari mandi air panas

Mandi dengan air panas dapat membuat kulit semakin kering dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Sebaiknya gunakan air suhu dingin atau hangat saat mandi agar kulit terbakar bisa lebih cepat kembali normal.

3. Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan. Makan makanan yang kaya akan vitamin C dan E, seperti jeruk, kiwi, stroberi, almond, kacang-kacangan, dan sayuran hijau dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

4. Minum banyak air

Kulit yang terbakar sinar matahari membutuhkan hidrasi yang cukup untuk mempercepat proses penyembuhan. Minumlah air putih yang cukup setiap hari agar kulit terbakar bisa lebih cepat pulih.

5. Gunakan kain yang lembut dan longgar

Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat dan berbahan sintetis pada saat kulit terbakar sinar matahari. Gunakan pakaian yang lembut dan longgar agar kulit terbakar bisa bernapas dengan baik dan mempercepat proses penyembuhan.