RAKYAT.NEWSN LIFESTYLE – Olahraga menjadi cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi tahukah kamu bahwa olahraga juga dapat membantu menambah tinggi badan? Yup, olahraga yang tepat bisa meningkatkan tinggi badan kamu secara efektif. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba untuk menambah tinggi badan:

1. Renang

Renang adalah salah satu olahraga yang sangat bagus untuk menambah tinggi badan. Kegiatan renang menyebabkan tubuh bekerja secara menyeluruh dan membantu membentuk postur tubuh yang baik. Selain itu, renang juga efektif melatih kekuatan dan fleksibilitas otot, terutama di bagian punggung dan bahu. Kedua bagian ini sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tulang belakang sehingga renang bisa dijadikan salah satu olahraga andalan untuk menambah tinggi badan.

2. Basket

Selain renang, olahraga basket juga mampu meningkatkan tinggi badan. Olahraga ini mengandalkan gerakan melompat dan memanjangkan tubuh ke atas. Hal ini memperkuat otot-otot kaki dan melatih kemampuan membungkuk, sehingga tubuh semakin fleksibel dan telungkup menjadi lebih mudah. Sebagai olahraga tim, basket juga membantu meningkatkan sikap pantang menyerah dan saling mendukung yang akan berguna dalam segala aspek kehidupan.

3. Voli

Sama seperti basket, olahraga voli juga mengandalkan gerakan melompat dan memanjangkan tubuh ke atas. Kegiatan ini membuat otot-otot kaki, punggung dan bahu menjadi lebih kuat dan fleksibel. Selain itu, voli juga mengasah kemampuan bergerak cepat dan koordinasi tubuh. Kegiatan ini juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menambah tinggi badan.

4. Yoga

Yoga memang bukan olahraga yang hanya bertujuan menambah tinggi badan, namun perpaduan gerakan meditasi dan latihan fisik ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan membentuk postur tubuh yang baik. Beberapa gerakan seperti tadasana dan trikonasana akan melatih keseimbangan dan memperkuat otot-otot tulang belakang, sehingga mempertahankan postur tubuh yang baik dan peningkatan tinggi badan bisa diraih.

5. Sprint

Sprint atau lari cepat juga menjadi salah satu olahraga yang efektif meningkatkan tinggi badan. Gerakan lari cepat dapat memperkuat otot tungkai dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Seperti halnya olahraga lainnya, lari cepat juga akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar.