RAKYAT.NEWS, LIFESTYLE – Kartu kredit dan debit telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan keuangan di Indonesia. Keduanya menawarkan kemudahan dan keamanan dalam melakukan transaksi keuangan bagi para pemilik kartu. Namun, mungkin masih banyak orang yang bingung tentang perbedaan dan manfaat dari kedua jenis kartu ini. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai Manfaat Kartu Kredit dan Debit di Indonesia.

Baca Juga : Dekan Fakultas Kehutanan Unhas Paparkan Rencana Pengelolaan dan Pemanfaatan KHDTK

Pertama-tama, mari kita bahas tentang kartu debit. Kartu debit adalah kartu yang terhubung langsung dengan rekening bank kita. Dalam penggunaannya, kita tidak dapat membeli barang atau jasa secara kredit, melainkan harus mempunyai saldo yang cukup di rekening bank kita. Keuntungan utama dari kartu debit adalah kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi, karena kita tidak perlu membawa uang tunai dan cukup melakukan transaksi dengan memasukkan nomor PIN ke dalam mesin EDC. Selain itu, banyak bank yang menawarkan program cashback, reward, atau diskon khusus untuk pengguna kartu debit mereka.

Sementara itu, kartu kredit memungkinkan kita untuk membeli barang dan jasa secara kredit, dan membayarnya secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Keuntungan utama dari kartu kredit adalah kemudahan dalam berbelanja, tanpa perlu membawa banyak uang tunai, serta fitur cicilan yang dapat membantu kita dalam mengatur keuangan. Selain itu, program reward yang ditawarkan oleh sejumlah bank dari waktu ke waktu cukup menarik, dengan keuntungan berupa poin yang dapat ditukarkan dengan barang atau jasa tertentu.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan kartu kredit, seperti bunga bulanan yang akan diberikan jika tagihan tidak dibayarkan tepat waktu, dan potensi terjebak dalam hutang. Selain itu, pemilik kartu kredit harus selalu berhati-hati dalam memberikan informasi kartu kredit, terutama nomor kartu dan PIN, agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Pentingnya Ilustrasi Realistis dan Kartun pada Dunia Desain