RAKYAT.NEWS, LIFESTYLE – Bunga lawang, atau sering disebut sebagai bunga cengkeh, adalah salah satu tanaman yang populer di Indonesia. Tidak hanya dikenal karena kemampuan memberikan aroma yang khas pada masakan, namun juga kandungan yang terdapat pada bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bunga lawang yang biasanya digunakan sebagai bahan bumbu masakan, juga memiliki kandungan minyak atsiri yang tinggi, seperti eugenol, caryophillene, dan humulene. Kandungan tersebut memiliki sifat sebagai antiseptik, anti-inflamasi, antioksidan dan anestesi lokal.

Manfaat pertama dari bunga lawang adalah mampu membantu mengatasi sakit gigi. Kandungan eugenol pada bunga lawang dapat mematikan bakteri penyebab sakit gigi dan memberikan bantuan analgesik (penghilang rasa sakit). Oleh karena itu, bunga lawang sering digunakan dalam beberapa produk pasta gigi atau kapsul oral untuk membantu mengurangi rasa sakit pada gigi.

Selain itu, bunga lawang juga dapat membantu mengurangi rasa sakit karena kram dan nyeri pada perut. Hal ini disebabkan karena bunga lawang memiliki kemampuan sebagai antispasmodik.

Manfaat selanjutnya dari bunga lawang adalah bahwa ia dapat membantu mengatasi batuk. Kandungan eugenol pada bunga lawang berfungsi sebagai ekspektoran alami yang membantu melonggarkan lendir dan dahak. Bunga lawang juga dapat membantu meredakan gejala batuk, seperti sakit tenggorokan atau radang.

Bunga lawang juga memiliki sifat yang dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit. Kandungan antioksidan pada bunga lawang membantu melindungi kulit dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan usia. Selain itu, bunga lawang juga dapat membantu menyembuhkan jerawat dan memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

Melakukan perawatan kecantikan wajah dengan bunga lawang juga dipercaya dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus di wajah. Caranya adalah dengan merebus bunga lawang dan membuatnya menjadi teh dan kemudian membasuh wajah dengan air teh tersebut.