RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyiapkan petugas CSM di berbagai stasiun Daop dan Divre untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran menggunakan kereta.

Pada hari-hari biasa, pengunjung hanya dapat bertanya kepada petugas di ruang customer service. Namun, saat masa mudik Lebaran, terdapat petugas customer service yang berkeliling stasiun untuk melayani pelanggan. Petugas ini dikenal sebagai Customer Service Mobile (CSM).

Petugas CSM bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan kereta api. Mereka memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai perjalanan kereta api dan hal-hal lain yang berkaitan dengan layanan KAI, dengan cara jemput bola atau mendekati pelanggan di stasiun.

KAI melakukan rekrutmen petugas CSM melalui anak perusahaannya, KAI Wisata, dengan proses yang transparan dan terbuka. Setelah lolos seleksi, petugas CSM mengikuti pelatihan selama satu hari yang diselenggarakan oleh Unit Customer Care KAI.

Materi pelatihan meliputi ruang lingkup pekerjaan CSM, update regulasi, pelayanan prima, serta penggunaan aplikasi Access by KAI dan KAI Pay.

Setelah pelatihan, dilakukan pula “On Job Training (OJT)” berupa pengenalan area stasiun, termasuk informasi tentang posisi kereta api, jadwal keberangkatan, fasilitas pelanggan, dan pengenalan staf yang bertanggung jawab di stasiun.

“Pada masa angkutan Lebaran 2024, KAI menyiagakan sebanyak 163 petugas CSM yang tersebar. Mereka bertugas mulai dari tanggal 31 Maret hingga 21 April 2024, ditempatkan di beberapa stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, Daop 9 Jember, dan Divre I Sumatera Utara, dengan jumlah petugas yang disesuaikan dengan kebutuhan,” kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus, Minggu (7/4/2024).